WRC DIY Lakukan Pantauan dan Pengawasan Terhadap Proses Hukum yang Sedang Berjalan di PN Sleman

0
2548
WRC DIY berfoto bersama dengan perwakilan PN Sleman (ist)

LENSA9.com – Koordinator Watch Relation of Corruption Daerah Istimewa Yogyakarta (WRC DIY) dan Pengawas Aset Negara Republik Indonesia K. Herman Setiawan didampingi Sekretaris N.S. Sukirman menemui Ketua Pengadilan Negeri Sleman di Kantor PN Sleman, Selasa (17/05/2022).

Pengawasan dan pemantauan dilaksanakan oleh WRC DIY berdasarkan informasi laporan yang masuk melalui WRC DIY tentang kepastian hukum suatu perkara di PN Sleman, dimana terdakwa sudah memiliki rekam jejak perkara sebanyak 12 kali kasus tercatat sejak tahun 2016-2019.

WRC DIY ditemui oleh Sekretaris PN Sleman Nur Yusuf Irawan, ST, SH, dan Jubir PN Sleman Hakim Cahyono, SH, MH.

Google search engine

BACA JUGA: RAPI Kasihan Ikut Berperan dalam Menanggulangi Covid-19

Sekretaris PN Sleman menyampaikan bahwa proses peradilan di PN Sleman dipastikan akan berjalan sesuai fakta hukum yang ada di persidangan berjalan, secara transparansi dan terbuka, serta bisa diakses oleh masyarakat.

“Terkait rekam jejak pelaku yang melakukan perbuatan berulang dengan kasus yang sama dan korban lain bila dimunculkan dalam fakta persidangan, pastinya akan menjadi bahan pertimbangan hakim saat mengambil keputusan sidang,” ujarnya.

Yusuf juga memastikan tidak ada intervensi dari pihak manapun yang berupaya menggoyahkan putusan sidang maupun menghambat jalannya peradilan. “PN Sleman bersih dan bebas dari intervensi pihak manapun,” imbuhnya.

BACA JUGA: Gelar Upacara Hari Jadi ke-106, Pemkab Sleman Usung tema “Sesarengan Mbangun Sleman, Sleman Gumregah”

Jubir PN Sleman menyampaikan, bahwa hari Selasa bertepatan dengan launching media sosial PN Sleman, yang dapat diakses oleh masyarakat. “Masyarakat yang ingin menyampaikan berbagai laporan dan mengakses informasi bisa melalui Facebook, Twitter dan Instagram PN Sleman,” katanya.

Hal ini sebagai upaya mempertahankan kinerja dan meningkatkan kinerja PN Sleman baik di DIY maupun nasional, dengan posisi sebagai salah satu PN terbaik diperingkat lokal maupun nasional.

Kerjasama kemitraan dengan pengawas eksternal seperti WRC DIY juga dinilai menambah tingkat kepercayaan publik atas kinerja PN Sleman yang terbuka, transparansi, mudah diakses dan menjamin kepastian penyelesaian kasus yang masuk ke PN Sleman, serta bisa diakses secara online oleh masyarakat.

BACA JUGA: Kaderisasi GAMKI Kota Yogyakarta dan Sleman Serta Agenda Pembekalan Kader

Korwil WRC DIY K. Herman Setiawan menyampaikan terima kasih atas keterbukaan informasi yang diberikan PN Sleman, dan menyambut baik kemitraan sebagai pengawas eksternal guna mendukung dan meningkatkan kinerja PN Sleman untuk menjadi yang terbaik untuk di DIY, maupun nasional dengan membuka berbagai kemitraan dengan banyak pihak yang memiliki tujuan sama dalam hal pencegahan tindak pidana korupsi dan pengawasannya.

Editor: Ibrahim Umar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here