Ujicoba Jalan Satu Arah Jalan Gambiran Yogyakarta

0
137
Tokoh masyarakat Gambiran Ery Agus Bernadhy (Foto: Rahmad Soemardi/Lensa9.com)

LENSA9.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta akan menerapkan jalan satu arah dari utara ke selatan Jalan Gambiran, Yogyakarta, pada 30 Agustus 2022. Sebelumnya, arus lalulintas ini dilintasi dua arah.

Pemberlakuan rekayasa lalulintas satu arah di Jalan Gambiran Yogyakarta ini diberlakukan Dishub Kota Yogyakarta dengan alasan untuk memperlancar lalulintas di kawasan tersebut.

Tujuan lainnya, untuk mengurai kepadatan lalin di simpang tiga Jalan Gambiran dan Jalan Pramuka serta menghilangkan konflik pertemuan kendaraan yang saat ini masih menjadi potensi terjadinya kecelakaan di tempat tersebut.

Google search engine

Untuk sosialisasi perubahan arus lalulintas Jalan Gambiran Yogyakarta sudah dilakukan kepada warga masyarakat. Diakui Ery Agus Bernadhy, warga kampung Gambiran, jauh hari instansi terkait sudah sosialisasi kepada warga masyarakat Gambiran sejak dari RT hingga Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

“Saya sebagai perangkat RT sudah menerima sosialisasi,” kata Ery Agus Bernadhy, yang akrab disapa Bang Bernad, Jum’at (19/8/2022).

Ketua RT 37 RW 10 Gambiran ini menyampaikan, Jalan Gambiran ini belum perlu dijadikan satu arah. “Belum perlu dibikin satu arah karena belum begitu macet,” kata Bernard.

Menurutnya, warga asli Gambiran yang tinggal di pinggir Jalan Gambiran banyak yang membuka usaha. “Kalau jalan itu dijadikan searah akan mengurangi pendapatan warga masyarakat asli Gambiran,” tukasnya.

Di sisi lain, Bernard mengeluhkan kalau Jalan Gambiran dibuat satu arah, maka akan banyak kendaraan yang melaju lebih kencang dari biasanya sebelum dijadikan satu arah. “Ini akan membahayakan warga kampung Gambiran,” tandasnya.

Sebetulnya, Jalan Pramuka di sebelah selatan saja yang agak padat. Khususnya di pertigaan Jalan Pramuka ketika saat jam sibuk. “Kalau di sepanjang jalan Gambiran lalulintas masih landai,” terang Bernard.

Diharapkan, Pemerintah Daerah dan instansi terkait untuk mengkaji ulang penerapan jalan satu arah di Jalan Gambiran Yogyakarta. Bernard pun lantas memberikan usulan Jalan Gambiran dilakukan pelebaran jalan. “Itu masih memungkinkan dilakukan,” kata Bernard, yang menambahkan sebelah kanan dan kiri Jalan Gambiran masih cukup untuk dilakukan pelebaran jalan.

Editor : Affan Safani Adham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here