Pelatihan UKM Berbasis Digital Digelar Diskominfo DIY

0
157
Pelatihan UKM Berbasis Digital Digelar Diskominfo DIY (dok.Diskominfo DIY)

LENSA9.com – Kegiatan pelatihan UKM (Usaha Kecil Menengah) berbasis digital digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY pada Rabu (3/8/2022) di Srimartani, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, diikuti 20 orang peserta.

Dalam pelatihan yang menghadirkan narasumber Drs Aslam Ridlo, MAP (Anggota DPRD DIY Komisi B), Dr Irsasri, M.Pd (Pengajar STPMD Yogyakarta) dan Agung Purwandono selaku praktisi Mojok.co.

Kali ini mengangkat topik diskusi yang sangat menarik, yaitu peran dan dukungan DPRD DIY dalam mensosialisasikan pelatihan UKM berbasis digital oleh Drs Aslam Ridlo, MAP, psikologi konsumen di ruang digital oleh Dr Irsasri, M.Pd, dan digital storytelling untuk pelaku UKM oleh Agung Purwandono.

Google search engine

Dalam sesi pemaparan materi, Aslam membahas mengenai pemanfaatan fungsi gadget secara optimal untuk mengembangkan UKM secara digital dengan menggunakan media sosial.
Sementara itu, Irsa menjelaskan tentang perilaku konsumen di media sosial.

“Penjual perlu melakukan pendekatan kepada konsumen dengan 5S, yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun,” kata Irsa, yang juga berpesan kepada para pelaku UKM untuk memperhatikan tampilan produk.

Menurutnya, harus ada merk, daftar bahan, dan kata-kata menarik. “Penjual juga harus cepat dan tanggap dalam merespon pembeli karena akan menambah kesan baik bagi mereka,” ungkapnya.

Kegiatan itu ditutup oleh Agung, yang membahas tentang digital storytelling untuk pelaku UKM. “Dalam pemasaran digital, penjual harus bisa melampirkan cerita atau pesan menarik dalam produknya yang dapat mempengaruhi calon pembeli,” kata Agung.

Ditambahkan Agung, hal itu dengan membuat pertanyaan 5W+1H (What, Who, When, Where, Why, How) beserta jawabannya secara deskriptif. “Dan jawaban inilah yang dapat dijadikan bahan untuk membuat story telling tersebut,” ungkap Agung.

Editor : Affan Safani Adham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here