Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Ditembak, Pelaku Merupakan Mantan Anggota Pasukan Bela Diri Jepang

0
138
Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Ditembak, Pelaku Merupakan Mantan Anggota Pasukan Bela Diri Jepang (ist)

LENSA9.com – Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia usai ditembak saat berpidato kampanye di Nara, Jepang. Abe ditembak seorang pria bernama Tetsuya Yamagami.

Pelaku yang langsung dibekuk usai menembak Abe merupakan mantan anggota Pasukan Bela Diri Jepang, menurut sumber di pemerintahan. Tetsuya Yamagami ditangkap di lokasi penembakan atas tuduhan percobaan pembunuhan, kata kepolisian, dikutip dari Kyodo, Jumat (8/7/2022).

Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang telah mengalami insiden penembakan di kota barat Nara oleh seorang pria berusia 40-an yang diidentifikasi sebagai Tetsuya Yamagami. Tetsuya Yamagami ditahan di dekat lokasi penembakan di Nara, Jepang Barat Jumat (8/7/2022).

Google search engine

Menurut Kementerian Pertahanan Jepang Tetsuya Yamagami adalah pria berusia 41 tahun dan merupakan warga kota di kawasan barat itu dan menjadi Angkatan Laut Jepang.

Menurut kepolisian, Shinzo Abe ditembak dari belakang sekitar pukul 11.30 waktu setempat ketika menyampaikan pidato di depan stasiun kereta api Yamato-Saidaiji, bagian dari perusahaan KA Kintetsu Railway. Abe jatuh ke tanah dalam keadaan tak sadarkan diri setelah dua tembakan terdengar, kata kepolisian.

Mantan Perdana Menteri Jepang tersebut dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan berlumuran darah di kemejanya. Saat dibawa ke rumah sakit, Shinzo Abe tidak menunjukkan tanda-tanda vital fungsi tubuh.

Shinzo Abe disebutkan tertembak pada bagian kiri tubuhnya. Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan kepada pers bahwa aksi brutal dalam bentuk apa pun tidak boleh ditoleransi.

“Kami mengutuk keras aksi ini,” kata juru bicara pemerintah itu.

Kabar meninggalnya mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe tersebut kemudian menuai respons dari berbagai kalangan, tidak terkecuali para pemimpin negara di seluruh dunia.

Editor: Kumalasari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here